Senin, 02 November 2009

anak kampung

Ya... saya emang anak kampung,tinggal dan dibesarkan disebuah perkampungan yang jauh dari keramaian.Saya tinggal di kampung pasir jengjing rt02 rw10 desa babakan panjang kecematan nagrak kabupaten sukabumi,Uuuu...h panjang banget ya !!!sepanjang perjalanan saya dari rumah kesekolah,dan kisah ini akan menceritakan tentang perjalanan tersebut.Selama saya bersekolah dari sd,smp,sampe smk(sederajat dengan sma ,kali ja ga tau ;-)) saya selalu melakukan perjalanan panjang harus menuruni bukit lewati lembah sungai mengalir indah ke angkasa bersama teman bertualang ups...! itukan soundtracknya ninja hatori , tapi ga beda jauh dengan ninja hatori ,saya selalu mendaki dan menuruni bukit,lewati sungai dan pematang sawah hanya untuk mengejar keinginan untuk bersekolah sungguh perjalanan yang cukup berat dan melelahkan apalagi ketika saya masuk smk,kebetulan saya bersekolah di salah satu sekolah favorit yang letaknya nun jauh di kota sukabumi sementara saya tinggal di kabupaten sukabumi,alhasil setiap hari saya harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 1/2jam itu juga kalo dijalannya lancar,klo banyak hambatan bisa menghabiskan waktu 2jam kendalanya seperti ,dijalan kepleset, angkotnya ngetem ,lelet,maka “perhatian buat para supir angkot klo didalam angkotnya ada anak sekolah diharapkan jangan terlalu lama ngetem karana bisa berakibat fatal buat si anak terimakasih atas perhatiannya”...
lanjut ah klo pembaca pengen tau ? ya klopun ga pengen tau ya pasti tau..!kan trus baca tulisannya :-) begini rute saya kesekolah; setengah lima bangun tidur,mungkin karena udah terbiasa bangun pagi maka saya ga pernah kesiangan ,walaupun kesiangan ada alrm alami yaitu teriakan super mama yang selalu dengan setia membangunkan,bergegas mandi,solat subuh(wajib tuh!)sungkem ma ma2h klo papah jarang dirumah karena kerjanya diluar kota eits...!! sarapan dulu donk biar kuat menedaki,kenapa harus dan wajib sungkeman dulu?selain memohon doa restu juga biar hati saya tenang dan tentram karena jam setengah 6 saya harus sudah berangkat,coba para pembaca bayangkan setengah enam di perkampungan tentunya masih gelap gurita eh… gulita,,ya mau ga mau harus mau demi cita2 dan masa depan.Maka dengan basmalah sebanyak 33kali dan senter ditangan(pake senter karena masih gelap kalo bahasa sundanya poek) saya pun lalui jalan setapak melewati beberapa rumah,menuruni bukit,lewati sungai tentunya pake jembatan,menaiki bukit lagi itu semua menghabiskan waktu tercepat 30 menit,nyampe didaerah nagrak nah kalo disini udah ada angkot,so naek angkot keterminal cibadak lanjut naek bis kalo kosong duduk klo penuh gelantungan tapi ga pake teriak-teriak,turun didegung(kota sukabumi) naek angkot lagi nyampe deh di sekolah tercinta.”gmn lumayan rumit dan melelahkan bukan?”,sebenarnya si saya bisa saja kos karena orang tua saya pun menyuruh seperti itu,tapi ada beberapa pertimbangan kenapa saya memilih pulang-pergi.
• pertama kalo ngekos pasti ga da tv ga bisa nonton film kartun favorit deh :-)
• kedua klo pulang sekolah merasa bangga sendiri karena dilokasi seragam saya tertera kota sukabumi bukan kabupaten sukabumi disekolah favorit lagi boleh dong bangga
• ketiga ga bisa ngejailin ade yang lagi lucu-lucunya kalo kos mah
• ke empat dan yang paling penting,setiap kali berangkat sekolah dipagi buta pasti saya melewati sebuah rumah nah dirumah itu saya melihat bidadari cuantik banget biasanya kalo saya lewat kadang dia lagi ngepel klo ga lagi ngejemur pakaian(loh ko bidadari ngepel ma jemur pakaian)dan setiap kali dia melihat saya dia selalu tersipu malu,Uuu..h serasa mendapat semangat baru seketika terucap dimulut saya "terpesona kupada pandangan pertama dan tak kuasa menahan rinduku senyumanmu...." dan tiba-tiba pula "GUBRAK..." seekor burung terjatuh tepat dihadapan saya mungkin saking terlenanya mendengar suara saya yang fals(burung yang aneh)dan yang membuat saya tambah "terpesona ku... (please deh ga usah dinyanyiin) iya deh :-( dan terkagum -kagum,pada sang bidadari sempat-sempatnya dia bersih-bersih dan nyuci baju padahal dia juga harus sekolah dan setau saya dia sekolah pagi ga kebayangkan jam berapa dia bangun? wah... langka sekali pada zaman sekarang ini mojang geulis(cewe cantik) rajin pula saya semakin terpikat asmara :-) dan itulah alasan terbesar yang membuat saya bertahan.

Jadi anak kampung dan sekolah dikota banyak ga enaknya juga kadang merasa minder sendiri bukan karena sering diledekin temen2 itu si biasa..pernah saya diledekin habis-habisan sama teman2 sekelas ga tau deh mereka seneng sekali melihat orang menderita dan untuk urusan ejek mengejek mereka bisa kompak sekali asal muasalnya gara-gara saya ketauan bawa senter kesekolah sialnya waktu itu senter kecil yang biasa saya pakai rusak maka dengan sangat terpaksa saya memakai senter yang lumayan gede...habislah saya jadi bahan olok-olokan teman sekelas nasib-sib...:-( tapi yang membuat saya minder kadang klo musim hujan jalan becek dan licin kadang juga saya harus menenteng sepatu sampe kejalan yang ga becek dan kondisi jalan tersebut membuat sepatu dan celana seragam saya jadi kotor katauan banget dari kampungnya:-)pernah saya mengutuk dan memaki keadaan saya ketika itu sepulang sekolah hujan deras sekali karena saya ditengah jalan dan ditengah persawahan jadinya ga da tempat buat berteduh otomatis saya basah kuyup buku pada basah juga eh pake kapleset pula..saya merasa menjadi orang yang paling menderita.
tapi saya tetap bersyukur karena masih bisa bersekolah dan mengenyam pendidikan walaupu harus dengan usaha yang ekstra keras dan lebih dari teman-teman saya ,walaupun anak kampung yang penting ga kampungan karena saya memiliki sesuatu yang belum tentu dimiliki teman-teman saya yaitu semangat yang tinggi dan pantang menyerah dalam menjalani hidup dan meraih mimpi,jadi teruslah berjuang karna waktu ta pernah menunggu....!!!! itulah sedikit gambaran tentang saya seorang anak kampung yang merasa mimiliki kemampun lebih sebagai seorang super hero….!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar